Tips cara menjaga hubungan baik dengan saudara


Manusia memang makhluk yang tidak bisa menghindari interaksi sosial. Manusia selalu dalam kondisi tidak sendiri setiap saat. Apalagi dengan jumlah penduduk yang sekarang tidak terhingga banyaknya. Meskipun kita dapat menyendiri di rumah, masih ada keluarga, diantaranya saudara yang tetap berinteraksi dengan kita. Namun sayangnya jarang sekali orang yang tahu cara menjalin hubungan baik dengan saudara. Terkadang kakak beradik selalu bertengkar memperebutkan sesuatu atau hal lainnya. Makanya banyak orang yang mencari pertolongan untuk mendapatkan tips menjaga hubungan dengan saudara kepada psikologi atau orang-orang terdekat yang mereka anggap mampu mengatasi masalah tersebut.


memang tidak banyak orang yang mencari tips menjaga hubungan dengan saudara. Padahal tanpa disadari, bahwa dalam hubungan sosial seseorang lebih sering bermasalah dengan saudara daripada orang lain. Mulai ketika kecil berebut mainan, memperkarakan masalah sepele dan perbedaan pandangan akibat pengaruh pergaulan. Cobalah ingat ketika masa kecil, siapa yang tidak pernah bertengkar hingga menangis dengan saudaranya. Sayang jika pertengkaran ini dapat berlanjut hingga besar. Satu sama lain sudah merasa punya kehidupan sendiri. Ketika sudah dewasa, kebanyakan saudara bertengkar karena warisan. Kebanyakan tidak berpikir bahwa saudara bisa menjadi penolong yang ikhlas ketika kita dalam kesulitan.
Untuk itu perlu beberapa tips untuk menjaga hubungan dengan saudara. Berikut adalah tipsnya:
  1. Dapat menjadi teman curhat
Banyak orang yang lebih dekat dengan teman daripada saudaranya. Hal ini dikarenakan mereka memiliki rahasia yang justru dibagi dengan teman. Untuk masuk ke dalam kehidupan saudara kita, maka kita harus menjadi teman bagi mereka. Setiap mereka bercerita, jangan pernah menghakimi, cukup dengarkan saja. Hal ini terutama terjadi pada adik. Sebesar-besarnya kesalahan yang dilakukan oleh saudara, cobalah dengarkan dan lihat permasalahan tersebut dari sudut pandangnya. Pahami kenapa ia melakukan hal tersebut. Hal yang paling baik untuk menghakimi dan menyalahkannya adalah menolongnya, baru kemudian anda memberikan pendapat mengenai kesalahan-kesalahan yang dia lakukan dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya.
  1. Bisa mengalah untuk menang
Memiliki banyak saudara adalah bukan hal yang mudah, apalagi jika karakter mereka berbeda-beda. Mulai dari kakak yang keras kepala dan banyak mengatur dan juga adik yang bandel. Untuk itulah sebagai saudara kita harus mengalah. Coba untuk bersabar dan tidak meledak dalam kemarahan. Sehingga kita tidak menjadi orang yang menambah keruhnya suasana.
  1. Membicarakan segala macam permasalahan.
Permasalah lebih cepat terjadi pada saudara daripada dengan orang lain. Hal ini terjadi karena intensitas pertemuan yang tinggi. Jangan biarkan satu permasalahan membuat anda dan saudara tidak berbicara satu sama lain selama 3 hari. Bicarakan secara terbuka semua permasalahan yang ada diantara anda dan saudara anda. Jangan biarkan masalah kecil membuat saudara anda menjauh dan pada akhirnya saling apatis satu sama lain.
Tips diatas tidak akan manjur jika kita sebagai saudara tidak mengerti karakter dari saudara kita. Pertengkaran pasti akan terjadi, itu adalah hal yang wajar. Yang terpenting adalah bagaimana menyelesaikan pertengkaran tersebut dan merangkul kembali saudara kita supaya lebih dekat dnegan kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa darah lebih kental daripada minyak sekalipun. Sedekat apapun orang lain dengan kita, tentu saja tidak sama dengan saudara kandung. (iwan)
Previous
Next Post »